Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BANDAR LAMPUNGKesehatanNEWSPEMKOTPEMKOT BANDAR LAMPUNG

Meski Bulan Ramadan, Dinkes Bandar Lampung Tetap Layani Vaksin Booster 2

56
×

Meski Bulan Ramadan, Dinkes Bandar Lampung Tetap Layani Vaksin Booster 2

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Dinas Kesehatan (Diskes) Pemkot Bandar Lampung tetap melayani vaksin Covid-19 booster 2 atau dosis 4 untuk masyarakat umum saat puasa Ramadan pada Maret mendatang.
“Ketika Ramadhan setiap hari insyaAllah akan kami buka pelayanan setiap hari baik di puskesmas ataupun di mall,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri. Jum’at (27/1/2023).
Langkah tersebut dilakukan guna memudahkan masyarakat untuk memperoleh dosis vaksin booster 2. Termasuk untuk memaksimalkan capaian vaksinasi di Kota Tapis Berseri.
Desti menambahkan, bahwa tak hanya menunggu saat waktu Ramadhan tiba, saat ini pun pihaknya selalu siap melayani masyarakat untuk pemberian dosis vaksin booster kedua.
“Setiap hari pelayanan di puskesmas tidak pernah tutup sama sekali. Sehingga masyarakat cukup hanya datang ke puskesmas terdekat,” ujarnya.
Pelayanan vaksinasi tersebut tetap tidak dipungut biaya seperti sebelumnya. Masyarakat cukup menunjukkan kartu identitas kepada petugas vaksinasi.
“Masyarakat cukup membawa KTP elektronik saja untuk dicatat oleh petugas,” kata dia.
Namun, pihaknya akan melayani jika masyarakat yang datang minimal 10 orang atau lebih. Jika dibawah jumlah tersebut akan ditunda di hari esokannya.
“Sebab jumlah vaksin satu vial nya untuk 12 orang. Maka kalau orang yang datang kelayanan kesehatan hanya 3 sampai 4 orang, maka langsung dibuang sisanya kalau tidak habis vaksinnya. Kan sayang,” ungkapnya.
Jika vaksin satu vial sudah dibuka, maka harus dihabiskan pada hari itu juga.
“Kalau sisa, maka vaksin tidak dapat untuk dipakai lagi buat besoknya. Jadi supaya tidak dibuang kita menunggu sampai 12 orang atau 10 orang baru bisa digunakan,” sambungnya.
Desti mengungkapkan bahwa untuk pelayanan vaksin di mall, pihaknya akan buka setiap sabtu dan minggu.
“Untuk vaksin kita tidak stok banyak, namun begitu kurang kita akan langsung minta dengan provinsi. Sehingga stok berapapun yang dibutuhkan kita akan selalu ada,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *