Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BANDAR LAMPUNGEKONOMINEWSPEMKOTPEMKOT BANDAR LAMPUNG

Pemkot Pastikan Bahan Pangan di Pasar Murah Lengkap Selama Ramadan

63
×

Pemkot Pastikan Bahan Pangan di Pasar Murah Lengkap Selama Ramadan

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung memastikan kebutuhan bahan pangan di pasar murah lengkap selama Ramadan 2023.
Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan kecukupan dan kelengkapan bahan pangan masyarakat dengan menyediakan kebutuhan pokok hingga H-2 lebaran melalui pasar murah.
“Pasar murah ini nanti akan menyasar semua kecamatan di Kota Bandar Lampung, jadi masyarakat tak perlu khawatir Insya Allah semua akan tercukupi,” ujarnya.
Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung, I Kadek Sumartha menjelaskan bahwa untuk ketersediaan kebutuhan bahan pangan di kota ini diperkirakan akan tetap aman.
Menurutnya, hal itu berdasarkan data surplus yang dirilis oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) per bulan Maret 2023 Kota Bandar Lampung untuk keseluruhan komoditas pokok menjelang bulan Ramadan 1444 H.
“Mulai dari beras, daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, cabai merah, minyak goreng, bawang putih, daging sapi, jagung, cabai rawit, gula pasir, serta kedelai,” terangnya.
“Bahkan untuk beras yang harganya hari ini tinggi kota ini masih tetap surplus, artinya tidak perlu khawatir untuk persiapan Ramadan terkait komoditas pokok strategis,” sambung Kadek.
Kemudian, melalui Satgas Pangan Bandar Lampung, akan memastikan dan mengawasi peredaran distribusi bahan pokok ke pasar tradisional atau gudang yang ada di Kota Bandar Lampung tetap aman.
Menurutnya, kelangkaan bahan pangan di pasar-pasar tradisional Kota Bandar Lampung diakibatkan oleh oknum-oknum tertentu.
“Karena ada kecenderungan di bulan Ramadan, entah itu ulah spekulan atau siapapun itu, beberapa komoditas sering terjadi gangguan distribusi, yang mengakibatkan bahan pokok seolah-olah menjadi langka,” tutur dia. (*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *