Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BANDAR LAMPUNGNEWSPemkot Bandarlampung

Budiman: Kesadaran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

54
×

Budiman: Kesadaran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com -– Setelah beberapa waktu lalu masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di wilayah Pantai Sukaraja. Kegiatan yang sama kembali dilakukan di wilayah Kota Bandar Lampung. Kali ini bersih-bersih dilakukan di Pulau Pasaran Kota Karang, Teluk Betung Timur, Selasa (1/8/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung, Budiman P Mega yang mengajak masyarakat menjaga kesadaran supaya tidak membuang sampah di sembarang tempat seperti sampah yang ada Pesisir Laut ini.

Menurutnya, tumpukan sampah yang ada di pesisir pantai berasal dari kurangnya kesadaran masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan dan membuang sampah sembarangan sehingga membuat sampah menumpuk bertahun-tahun.

“Dari masyarakat juga kurang perhatian serta kesadaran sehingga sampah ini menumpuk, maka dari saya harapkan untuk bersama-sama menjaga lingkungan Pesisir Pantai ini,” pesan Budiman.

Adapun upaya yang sudah dilakukan pemerintah dalam mengurangi tumpukan sampah di pesisir pantai yakni dengan memasang jaring-jaring yang dilakukan oleh pihak Provinsi maupun pihak Pemerintah Kota.

“Kalau upaya dari pihak kami yakni menyediakan fasilitas untuk sarana prasarana seperti TPS, jika sampah sudah banyak dan menumpuk tinggal di angkut dibuang ke TPS,” ujarnya.

Lebih lanjut Budiman menjelaskan bahwa DLH Kota Bandar Lampung sudah bekerja sama dengan pihak swasta terkait pengelolaan sampah.

Diketahui, ada 100 ton sampah yang berhasil dikumpulkan dari aksi bersih-bersih di Pulau Pasaran Kota Karang.

Sampah yang sudah dikumpulkan nantinya bisa diolah menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis, misalnya diolah menjadi Paving Block dan Batako,” pungkasnya. (*)