Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BANDAR LAMPUNGNEWSPemkot Bandarlampung

Kirab Pemilu di Bandar Lampung

56
×

Kirab Pemilu di Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com — Penyerahan Bendera Kirab Pemilu 2024 di Bandar Lampung, berlangsung meriah dan unik karena disambut dengan berbagai kesenian budaya Khas Lampung kental dan pawai, Senin (28/8/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi menyampaikan, penyerahan bendera kirab di Bandar Lampung ini merupakan penyerahan bendera terakhir di Provinsi Lampung dari Dapil II. Pasalnya, setelah ini bendera harus diserahkan ke Kota Serang, Banten.

“Di Lampung sendiri bendera ini melewati 6 kabupaten kota yakni pertama Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Metro, dan Bandar Lampung,” katanya.

Ia menambahkan, bendera kirab pemilu 2024 untuk dapil II ini dimulai dari Pekan Baru Riau. Namun, sebelum itu bendera ini akan disimpan terlebih dahulu selama seminggu di Bandar Lampung sebelum diserahkan ke Banten.

“Selama seminggu yakni mulai 28 Agustus sampai tanggal 3 September 2023 KPU Kota Bandarlampung berencana mengarak bendera Kirab Pemilu 2024 di Teluk Lampung pesisir kota setempat,” jelasnya.

Kemudian, melintasi lima kecamatan pesisir di Kota Bandar Lampung yakni Telukbetung Timur, Telukbetung Barat, Bumi Waras, Telukbetung Selatan, dan Panjang.

“KPU juga telah menyiapkan 20 kapal untuk Kirab Pemilu 2024 di laut. Ia menjelaskan ini menjadi salah satu upaya KPU untuk meramaikan pesta demokrasi di Bandar Lampung dan mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi,” tutur dia.

Selain itu Dedy juga mengatakan untuk upaya sosialisasi di Kota Bandar Lampung, KPU mengadakan berbagai lomba seperti senam jingle Pemilu 2024, pawai budaya, jalan sehat, lomba kicau mania dan lainnya.

“Tentu saja kita juga ada sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat di setiap daerah pemilihan, dan deklarasi pemilu damai,” pungkasnya.

Selain itu, lanjut Dedy puncak acaranya nanti akan berlangsung pada 3 September 2023 di Tugu Adipura dengan bebagai doorprize. Ia pun mengajak masyarakat untuk turut hadir di dalamnya. (*)