Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BANDAR LAMPUNGNEWSPemkot Bandarlampung

TNI dan Pemkot Bandar Lampung Kolaborasi Bersihkan Saluran Air

101
×

TNI dan Pemkot Bandar Lampung Kolaborasi Bersihkan Saluran Air

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com -– TNI dari Kodim 0410/ Kota Bandar Lampung dan Pemkot serta masyarakat setempat membersihkan saluran air yang berada di Jalan Nusa Jaya, Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame, Jumat (8/12/2023).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0410/KBL, Letkol Inf Hendri Ginting menyampaikan, karya bakti TNI yang dilakukan bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir dan wabah penyakit saat musim hujan.

“Karena sudah memasuki musim penghujan dan untuk mengantisipasi banjir sehingga kita membersihkan untuk sampah-sampah yang menghambat sungai-sungai sehingga dapat memimalisir luapan air di lingkungan masyarakat,” katanya.

Ia menyebut program ini ke depan akan berlanjut di titik-titik lokasi lainnya. Ia menambahkan selain saluran air pihaknya akan membersihkan daerah kumuh seperti pasar-pasar.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bandar Lampung Sukarma Wijaya mengatakan target pembersihan kali ini yakni saluran sungai atau anak sungai yang mana semua hasil limbah rumah tangga mengumpul.

Pihaknya juga mendukung atas kegiatan yang dilakukan oleh TNI, sehingga pemkot juga memperikan pasilitas untuk hal ini.

“Jadi kalau kita lihat saluran selama musim kemarau ada gulma yang mengendap akan menimbulkan persolaan, pertama banjir dan kedua menimbulkan wabah penyakit,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung, Budiman P Mega menyebut kegiatan ini sebanyak 80 personel dikerahkan untuk membersihkan saluran air.

“Ini kegiatan rutin kita, karena kalinya juga besar dan TNI mengadakan kegiatan serupa jadi kita kolaborasi. Dimana kali ini rata-rata isinya eceng gondok, yang ngehambat aliran kali,” pungkasnya. (*)