Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaNEWSPEMKOTPEMKOT BANDAR LAMPUNGPemkot Bandarlampung

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana Buka Rakerwil Apeksi

11
×

Walikota Bandarlampung Eva Dwiana Buka Rakerwil Apeksi

Sebarkan artikel ini
Walikota Bandarlampung Eva Dwiana Buka Rakerwil Apeksi

Wartasaburai.com, Bandarlampung — Walikota Eva Dwiana membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Komisariat Wilayah II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), di Hotel Grand Mercure, Selasa 21 Mei 2024.

Eva Dwiana yang juga Ketua Apeksi Komisariat Wilayah (Komwil) II dalam sambutannya mengatakan upaya pemerintah daerah dalam pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan ada dua strategi utama.

“Jangka pendek dengan mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan prevalensi stunting, pengendalian inflasi dan peningkatan investasi. Jangka menengah dengan mewujudkan SDM unggul yang produktif melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan,” katanya.

“Strategi selanjutnya, fokus pada akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan dalam mendorong produktivitas, mobilitas dan konektivitas serta pemerataan yang berkeadilan,” tambahnya.

Rakerwil Apeksi Komwil II hasilnya akan dibawa ke Rakernas Apeksi yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Balikpapan. Untuk itu Eva Dwiana menyarankan Apeksi fokus dalam peningkatan SDM yang inklusif dan berkelanjutan.

“Hal itu dilakukan melalui implementasi program-program yang dijadikan sebagai model pembangunan ekonomi dengan melibatkan penuh peran pemerintah, sektor bisnis, masyarakat sipil,” ungkapnya.

“Model ini diterjemahkan dalam bentuk intervensi program yang antara lain, kajian strategis potensi ekonomi daerah. Pengembangan dokumen dan kesepakatan perencanaan yang partisipatif dan dukungan bagi usaha kecil dan menengah,” katanya.

Walikota Bandarlampung juga mengingatkan pentingnya kota-kota di Indonesia bersama berkolaborasi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kolaborasi itu bisa melalui penguatan sektor-sektor yang memberikan lapangan pekerjaan yang layak dan mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial. Akses terhadap modal dengan mempromosikan perkembangan sektor keuangan dan memberikan akses yang lebih mudah bagi kelompok miskin dan rentan,” ujarnya.

“Juga pengembangan sektor swasta yang bertanggung jawab dengan mendorong praktek bisnis dalam berbagai sektor dalam upaya penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Komisariat Wilayah II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu diikuti Pemerintah Kota Bandarlampung, Palembang, Bengkulu, Pagar Alam, Sungai Penuh, Metro, Prabumulih, Lubuk Linggau, Pangkal Pinang dan Jambi.